Inilah Bandara Ekstrem di Indonesia yang Luar Biasa!

Bandara Ekstrem di Indonesia
Bandara Ekstrem di Indonesia

Indonesia terkenal sebagai negara kepulauan, ada berbagai cara unik dalam menghubungkan pulau-pulau indahnya. Salah satu sarana yang memukau adalah melalui transportasi udara, dengan bandara-bandara yang tidak hanya memfasilitasi perjalanan, tetapi juga menyajikan pengalaman ekstrem yang memukau.

Inilah sejumlah bandara di Indonesia yang memiliki keunikan dan fasilitas yang mencengangkan, bahkan tergolong ekstrem dan sedikit berbahaya.

Jelajahi daftar bandara yang tak hanya memanjakan penumpang dengan layanan udara, tetapi juga memberikan pengalaman yang luar biasa di Indonesia.

Bandara Husein Sastranegara – Bandung

Bandara Husein Sastranegara
Bandara Husein Sastranegara

Kebanyakan bandara pasti terletak di alam yang terbuka serta jauh dari keramaian suatu daerah. Namun, berbeda dengan di Bandara Husein Sastranegara di Bandung. Bandara ini berada tepat di tengah tengah pemukiman padat penduduk.

Saat tiba waktunya untuk lepas landas akan merasa terbang diatas rumah padat penduduk dan jarakna sangat dekat. Bahkan anda bisa melihat kendaraan yang lalu lalang dengan jelas.

Runway di bandara ini hanya ada 1 serta digolongkan cukup pendek. Kondisi dari Bandara Husein Sastranegara pun cukup berbahaya sehingga biasanya pesawat harus terus terbang tinggi dan terus memutar hingga aman untuk mendarat.

Bandara H Hasan Aroeboesman NTT

Bandara H Hasan Aroeboesman
Bandara H Hasan Aroeboesman

Bandara H Hasan Aroeboesman NTT merupakan pintu masuk ke kabupaten Ende, yang terletak di Nusa Tenggara Timur atau NTT. Saat Anda hendak ke Danau Kelimutu, tak jarang Anda harus singgah terlebih dahulu ke bandara tersebut.

Bandara ini mampu melayani penerbangan sebanyak 6–12 penerbangan setiap harinya dengan runwaynya yang sepanjang 1650 meter dan lebar 30 meter.

Ruang check in pada bandara ini pun dapat menampung 3 hingga 6 maskapai, sarana pendingin ruangan dengan jumlah 15 unit, 80 set kursi yang baru dan ruang tunggu yang dapat menampung 180 hingga 200 orang.

Jumlah ini jauh lebih banyak dari sebelumnya dimana bandara ini hanya mampu menampung 40 hingga 50 orang di ruang tunggu. Bandara H Hasan Aeroboesman ini memiliki pemandangan spektakuler dengan gunung dan lautnya.

Namun, bandara ini adalah salah satu bandara paling ekstreme di Indonesia karena pesawat harus berbelok sebanyak 90 derajat sebelum mendarat atau setelah lepas landas. Hal ini karena terdapat gunung dengan jarak hanya beberapa kilometer dari ujung landasan pacu atau runway.

Bandara Wamena – Papua

Bandara Wamena Papua

Sebelum direnovasi pada tahun 2014 yang lalu, Bandara Wamena yang berlokasi di Papua merupakan sebuah bandara yang ekstreme dan jauh dari kata aman serta nyaman. Dulu bandara ini hanya dibangun dengan menggunakan kayu serta dengan atap dari seng.

Bandara ini dahulu merupakan satu satunya bandara di daerah pegunungan Papua yang dapat didarati oleh pesawat dengan badan yang lebar misalnya pesawat Hercules yang dimiliki oleh TNI. Ini karena kondisi bandara Wamena yang terletak di ketinggian serta dikelilingi oleh pegunungan yang menjulang tinggi.

Karena kondisi alamnya inilah, tak jarang terjadi kecelakaan pesawat mulai dari skala yang kecil hingga skala besar. Misalnya saja seperti kasus kebakaran pesawat Es Nop pada tahun 2002, dll. Karena kondisi alamnya inilah Bandra Wamena seringkali dijuluki sebagai Bandara Ajaib oleh mereka yang pernah datang kesana.

Meskipun kondisi bandara ini pada jaman dahulu sangat sulit, bandara ini merupakan denyut nadi penduduk Wamena untuk pengiriman pasokan bahan makanan dan kebutuhan hidup sehari hari sehingga mereka bisa terhindar dari biaya hidup yang terlampau mahal diakibatkan oleh pnegiriman yang sulit.

Sebagai penutup, eksplorasi keberagaman bandara di Indonesia tidak hanya mengungkapkan kemajuan infrastruktur transportasi udara, tetapi juga menyoroti tantangan unik dan keberanian dalam mendukung konektivitas di kepulauan yang menakjubkan ini.

Dari Bandara Husein Sastranegara yang ada di tengah keramaian Bandung hingga Bandara Wamena yang melibatkan manuver ekstrem di pegunungan Papua. Namun, setiap bandara memiliki kisah dan karakteristiknya sendiri.

Meskipun beberapa di antaranya tergolong ekstreme, bandara-bandara ini tetap menjadi bagian integral dari kehidupan dan pengembangan daerah sekitarnya.

Dengan segala tantangan dan keunikan ini, bandara-bandara Indonesia tidak hanya menjadi pintu gerbang destinasi, tetapi juga bagian dari petualangan yang tak terlupakan bagi para penumpang yang mencari pengalaman perjalanan yang luar biasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh Bantuan?
Anda Butuh Bantuan?
Hubungi Kami di WhastApp..