Gaji Pramugari Indonesia Berapa?

Gaji Pramugari Indonesia
Gaji Pramugari Indonesia

Gaji Pramugari di Indonesia sangatlah Bervariasi. Pramugari (untuk Wanita) sedangkan Pramugara (untuk Pria) merupakan salah satu Profesi Favorit yang banyak dicita-citakan oleh orang di Indonesia.

Pramugari (untuk Wanita) atau Pramugara (untuk Pria) adalah Seorang Karyawan di Sebuah Perusahaan Angkutan Umum baik (Darat, Laut atau Udara) yang memiliki Tugas Utama yaitu memastikan Keamanan dan Keselamatan Penumpang selama Perjalanan.

Kini Menjadi Seorang Pramugari atau Pramugara juga menjadi Prestise tersendiri karena Pekerjaannya dianggap Menyenangkan dan Penampilannya yang selalu Rapi, serta didukung dengan Fasilitas yang Serba Mewah.

Selain itu, Hal yang tidak kalah Membanggakan dari Menjadi Seorang Pramugari atau Pramugara adalah urusan Gaji yang diterima.

Namun, untuk menjadi Seorang Pramugari atau Pramugara biasanya ada Beberapa Persyaratan yang Harus Dipenuhi.

Untuk menjadi Pramugari atau Pramugara bukanlah hal yang mudah. Selain harus Memiliki Penampilan yang Menarik, Seorang Pramugari atau Pramugara juga dituntut untuk memiliki Ilmu tentang Penerbangan.

Selain itu, untuk menjadi Calon Pramugari yang disukai oleh Maskapai Penerbangan, Anda harus menguasai minimal Bahasa Inggris. Karena memang Seorang Cabin Crew akan bertemu dan berhadapan langsung dengan Penumpang dari berbagai Negara. Sebab itulah Menguasai Bahasa Asing menjadi Penting.

Dan itulah kenapa Seorang Pramugari atau Pramugara harus menjalani Pendidikan Khusus di Sekolah Pramugari FAAST Penerbangan.

Syarat Menjadi Pramugari

Sebenarnya setiap Maskapai Penerbangan (Perusahaan) memiliki beberapa Persyaratan Khusus untuk Merekrut Pramugari atau Pramugara.

Ada yang harus minimal Menguasai 4 Bahasa, Memiliki Pengalaman Bekerja di bidang Pelayanan minimal 2 tahun, atau Tidak Boleh memiliki Tatto di badan.

Tapi tatap saja, Secara Umum semua Maskapai Penerbangan (Perusahaan) memiliki beberapa Persayratan dan Kualifikasi yang 70% sama.

Berikut adalah Contoh Persyaratan dan Kualifikasi Menjadi Pramugari di Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia yang bisa dijadikan Patokan:

  • Pria atau Wanita (Single);
  • Warga Negara Indonesia (WNI);
  • Bersedia menjadi Siswa Flight Attendant Training (FAT) dengan Biaya Pendidikan Swadaya;
  • Pendidikan Minimum SMA/SMK/Sederajat, diutamakan lulusan D3 ke Atas;
  • Usia Minimum 18 tahun dan Maksimum 27 tahun saat Pendaftaran;
  • Tinggi Badan Minimum 160cm dan Maksimum 172cm, dengan berat badan ideal dan postur tubuh Proposional;
  • Sehat Jasmani & Rohani;
  • Tidak Menggunakan Kacamata (Lensa Kontak diperkenankan dengan ketentuan Maksimal Minus -3.00, atau Silindris C -1.00);
  • Mampu Berbahasa Inggris Dengan Baik (Lisan maupun Tulisan);
  • Diutamakan Memiliki Kemampuan Bahasa Asing Lainnya.

Pendidikan Minimum SMA/SMK/Sederajat sudah bisa mendaftar sebagai Pramugari atau Pramugara. Karena faktor inilah, banyak Siswa Lulusan SMA/SMK Sederajat yang ingin Menjadi Seorang Pramugari atau Pramugara.

Karena memang Gaji Pramugari atau Pramugara yang hanya Lulusan SMA/SMK/Sederajat tidak kalah dan bahkan bisa melebihi Gaji Pekerja Kantoran yang telah Lulus D3, S1 atau bahkan S2 sekalipun.

Kisaran Gaji Pramugari Indonesia

Berapa Gaji Pramugari Per Bulan? Gaji Pramugari atau Pramugara per bulan biasanya akan ditentukan berdasarkan Status, Jam Terbang dan Maskapai Penerbangan tempatnya bekerja.

Selain Gaji, Seorang Pramugari atau Pramugara juga akan mendapatkan segudang Fasiitas yang tidak bisa didapatkan oleh Pekerja lainnya. Ini jugalah yang membuat Profesi Pramugari Sangat Istemewa.

Besaran Gaji Pramugari atau Pramugara setiap Maskapai Penerbangan berbeda-beda, begitu pula dengan Skema Gaji, Insentif dan Tunjangan yang diterima.

Namun besaran Gaji Pramugari tidak begitu Berbeda jauh antara Maskapai Penerbangan “A” dengan Maskapai Penerbangan yang lain.

Karena secara Umum, Gaji Pramugari atau Pramugara tetaplah Tinggi apabila dibandingkan dengan Jenis Pekerjaan lain yang tersedia saat ini khususnya yang ada di Indonesia.

Dikutip dari Berbagai Sumber, berikut Kisaran Gaji Pramugari Pesawat di Indonesia.

1. Gaji Pramugari Garuda Indonesia

Pesawat Maskapai Garuda Indonesia

Pesawat Maskapai Garuda Indonesia

PT Garuda Indonesia (Persero), Tbk. atau dikenal sebagai Garuda Indonesia (IDX: GIAA) adalah Maskapai Penerbangan milik Negara di Indonesia (BUMN), yang berkantor pusat di Bandar udara Internasional Soekarno–Hatta. Maskapai ini adalah suksesor dari KLM Interinsulair Bedrijf.

Garuda Indonesia adalah salah satu Maskapai Penerbangan Terbaik di Dunia dan merupakan anggota SkyTeam satu satunya di Indonesia dan Maskapai Terbesar kedua di Indonesia setelah Lion Air.

Gaji Pramugari atau Pramugara di Maskapai Penerbangan BUMN Garuda Indonesia terbilang cukup Besar. Seperti yang Kita ketahui bahwa Maskai Penerbangan Garuda Indonesia adalah salah satu Maskapai Terbaik di Indonesia.

Untuk Gaji Pramugari Garuda Indonesia yang masih Berstatus Junior atau dalam masa Training yaitu Berkisar IDR 15 Juta per bulan.

Sementara, untuk Gaji Pramugari Garuda Indonesia dengan Jam Terbang Tinggi atau Berstatus Senior dinilai bisa mencapai IDR 30 Juta per bulan.

Total Gaji Pramugari Garuda Indonesia tersebut, belum termasuk Fasilitas yang didapatkan seperti:

      • Jatah tiket untuk keluarga inti;
      • Akomodasi selama perjanalan;
      • Asuransi;
      • dan Fasilitas lainnya.

Maskapai Penerbangan ini juga mengoperasikan Anak Perusahaan yaitu Citilink, yang menyediakan Penerbangan murah ke beberapa tujuan Indonesia dan berdiri sendiri pada tahun 2012.

2. Gaji Pramugari Citilink

Pesawat Maskapai Penerbangan Citilink

Pesawat Maskapai Penerbangan Citilink

PT Citilink Indonesia atau dikenal sebagai Citilink Indonesia, adalah sebuah Maskapai Penerbangan Bertarif Rendah dan merupakan Anak Perusahaan Garuda Indonesia.

Perusahaan ini berdiri tahun 2001 sebagai Unit Bisnis Strategis (SBU) dan difungsikan sebagai salah satu Alternatif Penerbangan bertarif rendah di Indonesia.

Sejak tanggal 30 Juli 2012, Maskapai Penerbangan Citilink secara resmi beroperasi sebagai Entitas bisnis yang terpisah dari Makapai Garuda Indonesia setelah mendapatkan Air Operator Certificate (AOC).

Gaji Pramugari Citilink terdiri dari Gaji Pokok, Uang Terbang, Uang Makan, Hingga Fasilitas Pendukung lainnya. Daftar tersebut tidaklah berbeda jauh dengan Maskapai Penerbangan lainnya.

Gaji Pokok Pramugari Junior Citilink berkisar sebesar IDR 3 Juta perbulan. Sedangkan Gaji Pokok Pramugari Senior Bekisar IDR 5 Juta per bulan.

Di luar Gaji Pokok, Pramugari atau Pramugara Citilink juga masih menerima berbagai Uang Tunjangan dan Fasilitas Pendukung lainnya.

Jika ditotal secara keseluruhan, Gaji Pramugari Senior Citilink bisa menembus Angaka IDR 20 Juta perbulan.

3. Gaji Pramugari Lion Air

Pesawat Lion Air

Pesawat Lion Air

PT. Lion Mentari Airlines atau beroperasi sebagai Lion Air adalah sebuah Maskapai Penerbangan Bertarif Rendah (low-cost carrier) yang berpangkalan pusat di Jakarta, Indonesia.

Lion Air sendiri adalah Maskapai Swasta Terbesar di Indonesia. Dengan jaringan rute di Indonesia, Filipina, Malaysia, Thailand, Australia, India, Arab Saudi, dan Jepang, serta rute charter menuju China, Hong Kong, Korea Selatan, dan Makau.

Lion Air juga terkenal sebagai Maskapai Penerbangan yang memberikan Harga Tiket Paling Murah di Indonesia untuk Penerbangannya. Tapi jangan salah, Gaji Pramugari Lion Air juga tergolong Besar.

Gaji Pramugari Lion Air berkisar antara IDR 15-20 Juta per bulan. Gaji itu sudah dijumlahkan dengan Uang tambahan selama melakukan Penerbangan.

Gaji Pokok Pramugari Junior Lion Air yaitu sekitar antara IDR 3-4 Juta, sedangkan untuk Pramugari Senior Lion Air Sekitar 5-6 Juta per bulan.

Uang Tambahan yang didapatkan Pramugari atau Pramugara itu bermacam-macam, mulai dari:

      • Asuransi;
      • Jaminan Kesehatan;
      • Akomodasi;
      • Uang Terbang;
      • serta Uang makan.

Nah meskipun Lion Air terkenal dengan Tiketnya yang murah, Maskapai Penerbangan Lion Air juga mempunyai segedung Prestasi, salah satunya yaitu:

Pada tahun 2016, Lion Air masuk dalam daftar Maskapai Penerbangan bertarif rendah dengan layanan terbaik sedunia versi SkyTrax.

Serta meraih dua penghargaan, yaitu Kabin Terbaik Kelas Murah dan Kursi Premium Terbaik Kelas Murah.

4. Gaji Pramugari Batik Air

Pesawat Batik Air

Pesawat Batik Air

Batik Air merupakan Maskapai Purlayanan Swasta Indonesia yang didirikan pada tahun 2013. Maskapai Penerbangan ini merupakan Anak Perusahaan dari Lion Air yang berlayanan penuh.

Penerbangan Perdana Lion Air dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 3 Mei 2013 dari Jakarta ke Manado dan Balikpapan.

Pramugari dari Maskapai Penerbangan Batik Air juga memiliki ciri Khas dengan menggunakan Kebaya Batik sebagai bahan bawahan dari Seragam Pramugari yang digunakan.

Gaji Pramugari Pesawat Batik Air ditentukan berdasarkan Jam Terbang. Rata-rata Seorang Pramugaria atau Pramugara akan mendapatkan Gaji Pokok sekitar IDR 3 Juta per bulan, ditambah Uang Terbang.

Setiap Terbang, Pramugari Junior Batik Air akan mendapatkan Gaji tambahan yaitu Berkisar IDR 40 Ribu per jam.

Sedangkan Pramugari atau Pramugara rata-rata akan melakukan Penerbangan dengan Cabin Crew lainnya sekitar 6 Jam per harinya.

Jika dihitung Per Jamnya nilainya sebesar IDR 40 Ribu, sehingga dalam sehari Pramugari atau Pramugara bisa mendapatkan Gaji Terbang sebesar IDR 240 Ribu.

Dan Umumnya, Seorang Pramugari atau Pramugara di Maskapai Penerbangan Batik Air dalam seminggu memiliki waktu 4 Hari Terbang.

Lain itu, Pramugari atau Pramugara juga memiliki Tambahan Uang Makan sekitar IDR 45 Ribu per hari.

Jadi, jika dijumlahkan dengan Gaji Pokok, Uang Terbang, dan Uang Makan Seorang Pramugari Batik Air bisa mendapat Gaji hingga sekitar IDR 7.5 Juta per bulan.

5. Gaji Pramugari Air Asia

Pesawat Air Asia

Pesawat Air Asia

Capital A Berhad, (MYX: 5099) beroperasi sebagai Air Asia merupakan Maskapai Penerbangan bertarif rendah (low-cost carrier) multinasional yang berpusat di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia.

AirAsia sendiri merupakan Maskapai Penerbangan Swasta terbesar di Malaysia. Dengan jaringan rute di Indonesia, Arab Saudi, Jepang, Malaysia, Thailand, Singapura, dan Vietnam serta rute carter menuju Tiongkok dan Hong Kong, Air Asia menjadikan dirinya sebagai pemain Regional yang akan berkompetisi dengan Lion Air dari Indonesia.

Gaji Pokok Pramugari Air Asia berkisar IDR 3 Juta per bulan. Tidak hanya Gaji Pokok saja, Maskapai Penerbangan dari Malaysia ini juga memberikan Uang Tambahan yaitu Uang Terbang sebesar IDR 50 Ribu per bulan.

Gaji Itu bisa dijumlahkan secara keseluruhan dengan Uang Tambahan yang didapatkan. Untuk keseluruhan Gaji Pramugari Junior Air Asia berkisar antara 8-15 Juta per bulan.

Dari informasi Gaji Pramugari Junior tersebut, Kita bisa memperkirakan bahwa Gaji Pramugari Senior Air Asia tentunya akan lebih besar lagi.

6. Gaji Pramugari Sriwijaya Air

Pesawat Sriwijaya Air

Pesawat Sriwijaya Air

Sriwijaya Air adalah sebuah Maskapai Penerbangan di Indonesia yang didirikan oleh keluarga Lie (Hendry Lie dan Chandra Lie) dengan Johannes Bundjamin dan Andy Halim.

Gaji Pramugari Sriwijaya Air dalam sebulan Berkisar antaran IDR 19.5 Juta per bulan. Gaji tersebut merupakan hasil dari Akumulasi beberapa Bonus yang didapat.

Besaran Gaji Pokok Pramugari Junior sekitar IDR 6 Juta, sedangkan Gaji Pokok Pramugari Senior Sriwijaya Air bisa mencapat IDR 12 Juta perbulan.

Namun, angka itu belum termasuk Bonus dan Tunjungan, yang akan diberikan berdasarkan Lama Waktu Bekerja dan Jenis Rute Penerbangan yang dilalui.

Biasanya Pramugari Sriwijaya Air akan mendapatkan Uang Terbang sebesar IDR 500 Ribu untuk satu kali Penerbangan. Note, Uang Terbang Pramugari setiap Maskapai Penerbangan tentunya berbeda-beda tergantung kebijakan masing-masing Perusahaan.

7. Gaji Pramugari NAM Air

Pesawat NAM Air

Pesawat NAM Air

NAM Air merupakan Maskapai Penerbangan Indonesia yang didirikan pada tahun 2013. Maskapai Penerbangan ini merupakan Anak Perusahaan dari Sriwijaya Air.

NAM AIr merupakan Maskapai Pengumpan di kelas Medium dengan mengoperasikan pesawat Boeing 737-500 Winglet dengan konfigurasi 120 kursi (8 kelas bisnis dan 112 kelas ekonomi).

Gaji Pokok Pramugari NAM Air sekitar IDR 8 Juta per bulan, Tetapi Total Take Home Pay yang diterima Pramugari NAM Air bisa mencapai Belasan Juta Rupiah setelah digabungkan dengan beberapa Tunjangan yang diberikan.

8. Gaji Pramugari Super Air Jet

Pesawat Super Air Jet

Pesawat Super Air Jet

Super Air Jet (SAJ) adalah salah satu Maskapai Penerbangan Domestik di Indonesia yang berdiri pada Maret 2021, disaat Indonesia dan dunia sedang menghadapi Pandemi Covid-19.

Maskapai Penerbangan berbiaya rendah (Low Cost Carrier atau (LCC)) ini mengklaim menyasar para pelanggan generasi milenial yang ada di Indonesia.

Gaji Pramugari Suuper Air Jet (SAJ) Berkisar antaran IDR 14 Juta per bulan. Gaji tersebut merupakan hasil dari Akumulasi beberapa Bonus yang didapat.

Itulah Kisaran Gaji Pramugari yang ada di Indonesia.

Ingatlah bahwa untuk Menjadi Pramugari atau Pramugara bukanlah hal yang mudah. Karena untuk mewujudkan impian tersebut, Admin sarankan Anda untuk mengikuti Pendidikan Khusus di Sekolah Pramugari FAAST Penerbangan.

Hingga saat ini FAAST Penerbangan masih membukan Pendaftaran Siswa Baru.

Bagi Anda yang Masih Kelas 12 SMA/SMK/Sederajat sudah bisa melakukan Pendaftaran (Sekarang) dan memilih Gelombang Pendidikan sesuai tahun Kelulusan Anda.

Hubungi Admin Klik 08997200200 (WA) Untuk Mendapatkan Informasi Yang Lebih Lengkap Tentang FAAST Penerbangan.

Sekian & Terimakasih…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Butuh Bantuan?
Anda Butuh Bantuan?
Hubungi Kami di WhastApp..